from BTemplates!

CDMA
Sekarang adalah masa di mulainya kejayaan CDMA, dengan segala kelebihan yang dimilikinya bersiap menggeser popularitas GSM,

Code division multiple access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.


CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.



CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi, menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap.

Sejak itu CDMA digunakan dalam banyak sistem komunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. Sistem terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcomm, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handoff dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial
GSM

GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada mobile communication khususnya handphone, atau dalam istilah bahasa inggris (Global System for Mobile Communication). Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

GSM seperti dijelaskan oleh wikipedia, muncul pada pertengahan 1991 dan akhirnya dijadikan standar telekomunikasi selular untuk seluruh Eropa oleh ETSI (European Telecomunication Standard Institute). Pengoperasian GSM secara komersil baru dapat dimulai pada awal kuartal terakhir 1992 karena GSM merupakan teknologi yang kompleks dan butuh pengkajian yang mendalam untuk bisa dijadikan standar. Standar type approval untuk handphone disepakati dengan mempertimbangkan dan memasukkan puluhan item pengujian dalam memproduksi GSM. Pada awal pengoperasiannya, GSM telah mengantisipasi perkembangan jumlah penggunanya yang sangat pesat dan arah pelayanan per area yang tinggi, sehingga arah perkembangan teknologi GSM adalah DCS (Digital Cellular System) pada alokasi frekuensi 1800 Mhz.

Dengan frekuensi tersebut, akan dicapai kapasitas pelanggan yang semakin besar per satuan sel. Selain itu, dengan luas sel yang semakin kecil akan dapat menurunkan kekuatan daya pancar handphone, sehingga bahaya radiasi yang timbul terhadap organ kepala akan dapat di kurangi. Pemakaian GSM kemudian meluas ke Asia dan Amerika, termasuk Indonesia. Indonesia awalnya menggunakan sistem telepon selular analog yang bernama AMPS (Advances Mobile Phone System) dan NMT (Nordic Mobile Telephone). Namun dengan hadir dan dijadikannnya standar sistem komunikasi selular membuat sistem analog perlahan menghilang, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Eropa. Pengguna GSM pun semakin lama semakin bertambah. Akhirnya GSM tumbuh dan berkembang sebagai sistem telekomunikasi seluler yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
HSDPA
Pengertian HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Packet Access
Pebedaan antara UMTS dengan HSDPA adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G artinya mendukung kecepatan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System ) yang hanya bisa maksimum 384kbps. Sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6Mbps (hampir 10 kali lipat kecepatan maksimal UMTS), HSDPA sering disebut 3,5G (teknologi tiga setengah G) untuk membedakan dari standard 3G sebelumnya.



Pengertian HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. HSDPA merupakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi, W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.



Pengertian WCDMA adalah teknologi yang digunakan di GSM (halo, simpati, mentari, xplor dll) sedangkan teknologi untuk mendukung kecepatan tinggi pada jaringan CDMA CDMA (Fren,Esia,Flexi,Starone) namanya EV-DO
3G

3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology atau biasa dibaca: triji. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).



sebagaimana dikutip oleh FCC, yang mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:

* Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
* Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
* Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

Ada pun perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut:

1. Generasi pertama: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System)

2. Generasi kedua: digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT

3. Generasi ketiga: digital, kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.

Antara generasi kedua dan generasi ke-3, sering disisipkan Generasi 2,5, yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) & EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA

3G adalah istilah yang digunakan untuk teknologi telepon bergerak generasi ke-3, teknologi ini merupakan pengembangan dari generasi ke-2 (2G). 3G merepresentasikan evolusi untuk kapasitas, kecepatan data dan kemampuan layanan baru. Layanan yang terkait dengan 3G adalah layanan perpindahan data baik berupa voice data maupun non-voice data.
Sejarah singkat 3G

3G adalah hasil dari spesifikasi yang diinginkan oleh IMT-2000 (International Mobile Telecommunication – 2000) ITU (International Telecommunication Union). 3G diharapkan merupakan satu teknologi standar yang digunakan oleh seluruh dunia, akan tetapi pada kenyataannya 3G terbagi menjadi 3 kubu.

Teknologi 3G yang ada saat ini:

* UMTS (W-CDMA). UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dikembangkan oleh Eropa dan Jepang.

* CDMA2000. Digunakan dan dikembangkan oleh Amerika.

* TD-SCDMA. Sedang dalam pengembangan oleh RRC.

Mengapa 3G?

* Sistem 3G dibutuhkan untuk memberikan layanan bit rate tinggi yang memungkinkan gambar dan video dengan kualitas tinggi dikirim dan diterima melalui wireless network.

* 3G juga diharapkan untuk memberikan akses ke internet dengan bit rate yang tinggi pula.

Karakteristik 3G

* Layanan suara dan data dengan bit rate tinggi, termasuk layanan multimedia.
* Packet-switch.
* Campuran dari berbagai layanan
* Enhanced Multiple Access Techniques.
* Pola modulasi dengan efisiensi yang tinggi.
* Bisa berdampingan dengan 2G.

Kendala-kendala dalam pengaplikasian 3G

* Mendefinisikan teknologi yang akan dipakai
* Daerah yang akan diimplentasikan
* Hambatan pada implementasi global
* Siapa yang akan diuntungkan
* Keuntungan apa yang akan diperoleh

Evolusi 3G dan Perencanaan Jaringan (Network Planning)

Perancangan Jaringan (Network Planning) adalah suatu langkah-langkah yang digunakan untuk menghasilkan suatu jaringan yang optimal dengan tetap memenuhi kapasitas dan cakupan yang diinginkan oleh penyedia layanan telekomunikasi.

3G haruslah menjadi pelengkap 2G, bukan pengganti ataupun menjadi layanan utama yang berdiri sendiri.

Diposkan oleh $¥@$¥@ di 22:48 0 komentar
Selasa, 2009 Februari 17
MISSING
Kalau ada satu masa
yg paling indah dalam hidupku
adala masa2 disaat aku ada ber$amamu
kalau ada satu senyum
yg bi$a hapuskan dukaku
hanyalah satu senyumanmu
kalau ada satu lentera yg dapat
menerangi gelapx sisi hatiku ada
pada tatapan matamu
kalau ada satu kehangatan
yg dapat sejukan aku dari dinginx
malam
hanyalah bila aku ada dalam dekapanmu
Diposkan oleh $¥@$¥@ di 21:44 0 komentar
Kamis, 2008 November 27
Kasus kejahatan di komputer
Wajah kasus diindonesia:
1) Indonesia pernah menempati urutan ke-2 setelah Negara ukrania asal pelaku kejahatan carding (pembobolan kartu kredit).Dari 124 kasus pembobolan kartu kredit lewat internet yang dilakukan hacker di Asia Pasific,123 diantaranya dilakuakan para tersangka dari berbagai kota di indonesia Sebagian besarnyadi tengrai berasal dari Yogyajarta,Jakarta,Malang,dan Medan.
3) Ketika krisis di timor-timor sempat terjadi peperangan antara hacker indonesia dan australia serta ketika hubungan indonesia dan malaysia yang memanas karena masalah perbatasan beberapa situs pemerintah malaysia sempat didevace oleh hacker indonesia,dan dari Malaysia juga membalas dengan nendevace situs pemerintahandaerah di Indonesia
4) Dani firmansyah, konsultan teknologi Informasi(TI)PT Danakerta di jakarta berhasil membobol situs milik komisi pemilihan umum(KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai didalamnya menjadi nama-nama"unik",seperti parati kolor ijo,partai mbah jambon .Partai jambu dlsb.Dani menggunakan teknik SQL injection(pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu diaddress bar browser untuk menjebol situs KPM,kemudiandani tertangkap pada hari kamis,22 april 2004.
5) Apakah cyber crime?
Salah satu definisi cyber crime itu computer crime adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan memakai komputer sebagai sarana/alat/komputer sebagai objek,baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak dengan merugikan pihak lain
6) Kenapa timbul kejahatan :
* Internet sebagai hasil rekayasateknologi bukan hanya menggunakan kecanggihan teknologi komputer tapi dengan melibatkan teknologi telekomunikasi didalam pengopresianya.
*Pada perkembangan ,ternyata penggunaan internet tersebut membawa sisi negatif kejahatan yang selama ini dianggap tidak mungkin terjadi
*Sebagai mana sebuah leon mengatakan" crime is a product or seciety its self" yang secara sederhana dapat di artikan bahwa masyarakat itu sendiri yang melahirkan kejahatan
*semakin tinggi tinbgkat intelektualitas suatu masyarakat semakin canggih pula kejahatan yang mungkin terjadi dalam masyarakat
7) Beda Hacker dan Cracker:
Hacker
-Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer
-Mencari mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dan mengikuti legalitas yang telah di tentukan oleh developes game
-Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud
Cracker
-cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker bersifat dedruktif
8) Tingkatan hacker
-elite
-semi elite
-developed kiddie
-script kiddie
-lamer
9) Akibat yang di timbulkan
-Hacker: membuat teknologi internet semakin maju karena haker menggunakan keahliannya
-Cracker: merusak dan melupakan keseluruhan sistem komputer,sehingga data-data pengguna jaringan rusak,hilang,ataupun berubah
10) Bentuk cybercrime:
* linant horized acces to computer system and service
* Illegal contents
* Data forgery
* Cyber espionage
* Cyber sabotage and extortion
* Offense against intelektual property
* Infringe ments of privacy
11) Penanggulan cybercrime:
* Melakukan modernisasi penting yang harus pidana nasional beserta hukum acaranya
* Meningkatkan sistem pengamanan jaringan komputer nasional sesuai standar internasional
12) Penanggulan cybercrime cont'd
* Meningkatkan pemahaman serta keahlian aparatur penegak hukum mengenai upayah pencegahan
* Meningkatkan kesadarannya warga mengenai masalah cybercrime serta pentingnya mencegah kejahatan tersebut terjadi
* Meningkatkan kerjasama antara negara baik bilateral, regional aupun multirateral dalam upayah penanganan cybercrime.

0 komentar:

Poskan Komentar